Pengembangan Karyawan

Tujuan organisasi

  • Profit oriented

Mengejar keuntungan semata dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada sehingga menghasilkan produk berupa barang atau jasa. Keuntungan sebagai kelangsungan hidup suatu organisasi.

  • Non profit oriented

Tidak mengejar keuntungan, lebih kepada memberi pelayanan terhadap yang membutuhkan. Biasanya bersifat sukarela namun tidak ada organisasi yang murni bersifat sukarela karena pada intinya organisasi memerlukan biaya operasional untuk melakukan pekerjaannya.

 

Pengembangan karyawan

Pengembangan karyawan dilakukan setelah diperoleh hasil penjaringan dari rekruitmen karena pada dasarnya tidak ada orang yang sepenuhnya sesuai pada saat rekruitmen kecuali kalau orang tersebut sudah berpengalaman di bidang itu. Namun lain halnya dengan fresh graduate yang memerlukan pelatihan terlebih dahulu karena minimnya pengalaman.

  • Pelatihan Operasional: bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknis mengerjakan pekerjaan. Metode yang digunakan: 1) On the Job Trainning, 2) Sekolah Vestibule, 3) Program Magang, 4) Kursus Khusus
  • Pengembangan Manajemen: bertujuan meningkatkan keahlian dan kecakapan memimpin serta mengambil keputusan atau managerial skill dan conceptual skill. Memerlukan kombinasi pengalaman, pelatihan dan pendidikan. Metode yang digunakan:
  1. Telaah kasus untuk pemecahan masalah
  2. Diskusi untuk bertukar dan memperoleh pengetahuan
  3. Pelatihan kepekaan untuk merubah sikap agar lebih peka
  4. Pelakonan peran untuk mengembangkan keterampilan interpersonal
  5. Instruksi terprogram untuk menyimpan pengetahuan
  • Evaluasi pengembangan: penilaian terhadap kinerja karyawan selama mengikuti program pengembangan. Jika program berhasil, dengan kata lain karyawan itu sudah mampu dan cakap dalam pelatihannya maka dapat ditempatkan di posisi yang sesuai dengan apa yang telah dipelajarinya selama pelatihan. Rotasi pekerjaan, menempatkan karyawan pada bagian lain juga merupakan pengembangan dengan tujuan agar karyawan dapat lebih mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Penilaian prestasi kerja karyawan yang telah lama berdampak pada mutasi, promosi atau demosi pekerjannya.

 

Flippo, Edwin B. 1987. Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: