TUGAS 5

Internasional berarti melibatkan dua negara atau lebih baik individu maupun badan/perusahaan yang berada dalam suatu kawasan yang sama maupun berbeda. Organisasi Internasional dapat diartikan wadah bagi individu, perusahaan, atau negara itu sendiri dalam melakukan kerjasama dengan yang lainnya untuk mencapai tujuan.

Contoh organisasi internasional adalah ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) yaitu organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya. Negara anggota ASEAN diantaranya Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei, Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam. Dengan dua negara kandidat yaitu Papua Nugini dan Timor Leste.

Dalam pelaksanaannya menjalin kerjasama di bidang ekonomi maka terbentuklah AFTA (ASEAN Free Trade Area) yang merupakan wujud dari kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia. AFTA dibentuk pada waktu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke IV di Singapura tahun 1992. Perkembangan terakhir yang terkait dengan AFTA adalah adanya kesepakatan untuk menghapuskan semua bea masuk impor barang bagi Brunai Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand pada tahun 2010 dan bagi Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam pada tahun 2015. Tentunya realisasi pembebasan bea masuk impor itu disesuaikan dengan kondisi perekonomian masing-masing anggotanya dan telah disepakati sebelumnya. Bebasnya bea masuk impor antarnegara ASEAN membuat kegiatan ekspor-impor antarnegara ASEAN menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Manfaat dan tantangan AFTA bagi Indonesia
Manfaat :
• Peluang pasar yang semakin besar dan luas bagi produk Indonesia;
• Jenis/ragam produk yang tersedia di pasar domestik semakin banyak dengan tingkat harga dan mutu tertentu;
• Kerjasama dalam menjalankan bisnis semakin terbuka dengan pelaku bisnis di negara anggota ASEAN lainnya.
Tantangan :
• Pengusaha/produsen Indonesia dituntut terus menerus dapat meningkatkan kemampuan dalam menjalankan bisnis secara profesional guna dapat memenangkan kompetisi dari produk yang berasal dari negara anggota ASEAN lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: