TUGAS 4

 

Masyarakat adalah sekelompok orang yang hidup bersama dan saling berinteraksi antar individunya. Sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai sebuah masyarakat apabila memiliki pemikiran, perasaan, serta sistem/aturan yang sama. Setiap anggotanya mempunyai kepentingan yang sama dalam mencapai tujuan bersama.

 

Dalam kehidupan bermasyarakat, organisasi diperlukan karena manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi sosial, yakni berbaur dengan sesama. Organisasi dalam masyarakat juga diperlukan untuk mempermudah penyaluran aspirasi. Dengan adanya organisasi dalam masyarakat, setiap orang jadi terbiasa dengan apa yang dilakukan dalam organisasi, misalnya: bermusyawarah untuk mencapai suatu kesepakatan, saling menghargai pendapat, mengetahui pembagian tugas dalam pelaksanaan suatu kegiatan.

Contoh organisasi kemasyarakatan yang dengan ruang lingkup paling kecil adalah Karang Taruna. Organisasi ini adalah kumpulan dari pemuda sekitar yang dapat membentuk kegiatan-kegiatan positif untuk lingkungan mereka. Organisasi karang taruna yang merupakan wadah bagi para golongan muda untuk dapat menyalurkan tenaga, semangat, dan kreatifitasnya dengan sempurna. Dengan ikutserta menjadi anggota Karang Taruna memang tidak mendapatkan keuntungan materi namun pengalaman berharga dalam berorganisasi. Dari sini karang taruna juga mampu dijadikan sebagai wadah pembinaan bagi kaum muda yang masih labil dalam menjalani hidup. Kegiatan yang dilakukan misalnya belajar bersama, membersihkan lingkungan, mengadakan kegiatan yg berhubungan dengan olahraga dan kegiatan lainnya. Manajemen yang baik diperlukan demi terlaksananya kegiatan yang dilakukan.

 

Manajemen yang dilakukan Karang Taruna dalam melaksanakan kegiatannya, misalnya:

Untuk memperingati hari proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus selalu diadakan acara oleh Karang Taruna RW 06. Jauh-jauh hari para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna RW 06 merencanakan kegiatan apa yang akan dilaksanakan untuk memeriahkan acara 17 Agustus di tempatnya, siapa saja sasaran kegiatannya, kapan waktu pelaksanaannya. Kemudian didapat akan dilaksanakan lomba-lomba seperti lomba balap karung, lomba makan kerupuk, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba pukul air, lomba panjat pinang, dan lomba karaoke yang sasaran kegiatannya diperuntukan bagi anak-anak dan orang dewasa yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus. Untuk menarik orang-orang maka seminggu sebelum hari pelaksanaan diumumkan kepada masyarakat di RW 06 untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. Untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan terutama lomba tidak luput dari dana sebagai penunjang keberlangsungan kegiatan dimana dana tersebut untuk hadiah para pemenang lomba serta untuk fasilitas dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk melaksanakan lomba-lomba tersebut. Para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna itu dibagi tugas untuk mencari sponsor guna terkumpulnya dana yang diharapkan. Dana dari sponsor kurang memadai maka mereka berpikir agar kegiatan tetap dapat terlaksana, setelah bermusyawarah dan didapatkan bahwa kekurangan dana akan ditutupi dari pungutan sebesar 10000 yang dibebankan kepada setiap pemuda yang ada di RW 06 tersebut. Pada  hari pelaksanaannya panitia dibagi tugas sesuai kesepakatan yang telah ditentukan, ada yang mendapat bagian lomba panjat pinang, lomba karaoke dan sebagainya yang tujuannya agar perlombaan yang diadakan berjalan dengan tertib. Para panitia setiap lombanya bertanggung jawab kepada Ketua pelaksananya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: