TUGAS

Teman adalah orang-orang yang sudah kita kenal, minimal sudah tahu sifat dan karakteristik masing-masing. Beberapa kategori teman:

Teman biasa: orang yang sudah dekat dengan kita namun tidak tahu karakternya secara mendalam.

Teman khusus: orang-orang yang lebih dari sekedar teman dan sudah tahu seluk-beluk sifat dan karakter kita, dalam hal ini berarti sahabat atau pacar. Terkadang sahabat atau teman yang sudah dekat dianggap sebagai saudara sendiri.

Kita hidup tidak hanya sendiri, kita butuh orang untuk tempat berbagi.  Tidak hanya di lingkungan sekolah atau kampus kita juga harus dapat berteman dengan siapa saja. Banyak teman itung-itung menyambung tali silaturahmi karena dengan saling mengenal akan lebih akrab. Dan kalau sudah akrab akan lebih mudah dalam meminta bantuan jika menemuui kesulitan.

Setiap orang mempunyai sifat tersendiri begitu juga dengan cara memperlakukan teman harus sesuai dengan karakternya. Ada yang blak-blakan ada pula yang pendiam dan cara memperlakukannya pun berbeda. Kalau yang blak-blakan akan lebih bebas dalam melakkukan obrolan. Lain halnya dengan yang pendiam harus memulai pembicaraan dari kita. Sebisa mungkin harus mennghargai dan jangan menyinggung perasaannya. Intinya kita harus bisa menempatkan diri dengan situasi teman kita tersebut.

Sesama teman harus saling membantu sdan tolong-menolong misalnya jika kita mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas maka dibantu untuk menyelesaikannya. Ketika ada masalah biasanya lebih mudah untuk berbagi cerita kepada teman atau sahabat daripada keluarga karena teman atau sahabat tersebut dianggap sudah mengetahui kita luar dalam. Seringkali kita meminta saran dan solusi kepada teman.

Kita pun harus jeli dalam memilih teman karena tidak semua teman membawa dampak positif terhadap diri kita. Kebiasaan teman dapat menular. Misalnya saja jika kita berteman dengan orang yang rajin maka kita akan ikut ketularan rajin, sebaliknya jika kita berteman dengan orang yang suka bolos kuliah lama-kelamaan kita pun akan menjadi pembolos juga.

Pertemanan akan terus berlangsung apabila satu sama lain saling care dan percaya. Kepedulian akan ada jika kita sudah merasa satu hati dengan teman kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: