politik

Istilah politik berasal dari kata Polis (bahasa Yunani) yang artinya Negara Kota. Dari kata polis dihasilkan kata-kata, seperti:
1. Politeia artinya segala hal ihwal mengenai Negara.
2. Polites artinya warga Negara.
3. Politikus artinya ahli Negara atau orang yang paham tentang Negara atau negarawan.
4. Politicia artinya pemerintahan Negara.

Secara umum dapat dikatakan bahwa politik adalah kegiatan dalam suatu system politik atau Negara yang menyangkut proses penentuan tujuan dari system tersebut dan bagaimana melaksanakan tujuannya.
Negara adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyatnya.
Kekuasaan yaitu kemampuan sesorang atau suatu kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok sesuai dengan keinginan dari pelaku.

Istilah Bestuurkunde atau yang kemudian menjadi Bestuurswetenschappen menjadi Ilmu pemerintahan dalam bahasa Indonesia semakin menunjukkan ketidak sepandanan yang mengakibatkan perubahan khususnya Ilmu pemerintahan mejadi the others bagi ilmu-ilmu induknya.

Bestuurskunde berasal dari dua kata Belanda: bestureni (mengemudi; Inggris Steering) dan Kunde (kepandaian; Inggris craft, skill).Bestuurskunde berkembang menjadi Bestuurswetenschap, Bestuurswetenschappen (jamak). Steering dalam bahasa Latin adalah gubernare, sedangkan dalam bahasa Gerik (Greek) kybernan. Gubernare berubah menjadi Gubernantia dan dari sini terbentuk kata governance.
Uraian di atas menunjukkan bahwa penerjemahan Bestuurkunde dan kemudian bestuursweetenschap (pen) yang lahir dalam masyarakat barat atau demokratik menjadi ilmu pemerintahan bagi bangsa yang menganut paham pemerintahan seperti di atas, tidak tepat. Menurut tradisi akademik sifat ilmiah suatu pengetahuan ditandai dengan kata logos atau logi (logy). Jika demikian ada dua opsi padanan Bestuurswetenschap(pen): Gubernologi atau Kybernology. Mengingat kata Gubernare telah berkembang menjadi governance dan government, dan dalam bahasa Indonesia telah menjadi Gubernur, maka Kybernologi (kybernology) yang digunakan menjadi padanannya.

-berbagai sumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: